14 November 2017

15.21 , , No comments
Bakso ikan agak jarang ditemui di sekitar kita. Sehingga ini menjadi peluang usaha bagi kegiatan ekonomi desa yang dapat dikembangkan. Berikut penjelasan dan cara pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Apa itu bakso ikan?

Baso ikan siap tersaji
Bakso ikan adalah campuran homogen ikan, tepung pati dan bumbu yang telah mengalami proses ekstrusi dan pemasakan. Cara pembuatan bakso ikan tidak sulit. Ikan digiling halus atau ditumbuk kemudian dicampur dengan bumbu di dalam alat pencampur khusus, sehingga bahan tercampur menjadi bahan pasta yang sangat rata dan halus. Pasta dicetak berbentuk bulat dan dimasak sampai matang. Bakso yang bermutu bagus dapat dibuat tanpa penambahan bahan kimia apapun.


Bahan-bahan yang diperlukan.

  1. Ikan. Ikan yang digunakan adalah ukuran sedang dan besar, seperti ikan tongkol, tuna (sisik) beledang, tenggiri dan gabus. Ikan harus segar, semakin segar semakin baik. Apalagi ikan yang baru ditangkap paling baik digunakan. Ikan yang akan dijadikan bakso  lebih baik dibekukan secara cepat sebelum digiling. Ikan beku akan memberikan rasa dan aroma bakso yang lebih gurih.
  2. Tapioka, yaitu tepung singkong atau ketela.
  3. Bumbu-bumbu, rempah-rempah yang dijadikan bumbu biasanya adalah bawang merah, bawang putih, merica bubuk dan garam.
  4. Telur. Telur digunakan agar adonan lebih halus dan rasanya lebih enak. Walaupun demikian telur ini tidak selalu digunakan dalam pembuatan bakso. Telur ayam, itik atau telur puyuh dapat digunakan.
  5. Sodium tripoli phospat. Bahan kimia ini berfungsi sebagai pengemulsi sehingga dihasilkan adonan yang lebih rata (homogen). Adonan yang rata akan memberikan tekstur rasa bakso yang enak.

Peralatan yang digunakan

Peralatan yang digunakan dalam pembuatan bakso ikan adalah:

1. Penggiling dan pencampur
Alat ini terdiri dari bagian pengiling bakso berupa ekstruder dan pencampur adonan. Pencampur adonan berupa piring baja yang dilengkapi dengan pengaduk setrifugal yang dipasang mendatar. Pengaduk tersebut berputar dengan kecepatan tinggi sehingga bahan-bahan yang tidak liat dan tidak keras akan dihancurkan
2. Ketel perebus
Alat ini digunakan untuk merebus bakso mentah hingga matang. Tukang bakso biasanya menggunakan panci untuk merebusnya.

Cara Pembuatan Bakso Ikan

1. Persiapan

  • Penyiangan. Sisik ikan disikat dari arah ekor ke arah kepala dengan menggunakan sikat ikan tanpa melukai dagingnya. Ikan dicuci dan dibersihkan. pada bagian bawah insang dipotong, dengan tanpa menyebabkan kepala ikan terpotong. Perut ikan diberihkan.
  • Filleting. Daging rusuk disat dari arah kepala ke ekor sehingga diperoleh fillet. Kulit pada fillet dikupas dan dipisahkan. Kulit tidak digunakan untuk membuat bakso.
  • Pembekuan fillet. Fillet dibekukan secara cepat. Kemudian digiling sampai halus menjadi bubur ikan. Fillet tidak harus dibekukan, dapat juga langsung digiling.
2. Penyusunan bahan
Komposisi bahan penyusun bakso  tergantung kepada rasa bakso yang diinginkan. Semakin banyak kandungan ikan, semakin enak rasa baksonya.

3. Penggilingan ikan menjadi adonan bakso.

Bubur ikan diaduk dan lebih dihaluskan didalam bagian alat pencampir adonan. Setelah bubur benar -benar rata dan halus ditambahkan bumbu, sodium tripoliphospat, dan tepung sedikit-demi sedikit sambil terus diaduk dengan kecepatan tinggi. Selama pengadukan ditambahkan butiran atau bongkahan es. Pengadukan dianggap selesa jika terbentuk adonan yang rata, halus dan dapat dibulatkan bila diremas dengan tangan, kemudian dikeluarkan melalui lobang yang dibentuk melalui telunjuk dan ibu jari.

4. Pembuatan bulatan bakso mentah dan perebusan.

Adonan diremas-remas dengan telapak tangan, kemudian dibuat bulatan dengan tangan. dengan bantuan ujung sendok terbalik, bulatan secara cepat dimasukkan ke dalam air mendidih. Bila sudah matang, bakso akan mengapung. Bakso ini dibiarkan mengapung selama 5 menit. Kemudian diangkat dan ditiriskan.

5. Penyimpanan

Bakso merupakan bahan basah yang mudah rusak. Agar dapat tahan lama, baksu hrus disimpan di dalam ruang beku dalam kemasan plastik tertutup rapat . Suhu freezer hendaknya dibawah 18oC

Penyajian

Penyajian dan pembuatan kuah sama dengan bakso biasa. 
Selama mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs ini. Silahkan isi komentar/tanggapan anda

Recent Post

Popular Posts

Blog Archive